Cara Mudah Menentukan Harga Cetak Offset Atau Cetak Digital Untuk Konsumen


pada kesempatan ini akan dibahas mengenai cara menentukan harga cetak offset atau cetak digital yang bisa membantu para konsumen. Cetak offset dan cetak digital kini menjadi opsi terbaik untuk dunia percetakan. Ya, hal ini dikarenakan kedua jenis percetakan tersebut menawarkan efisiensi percetakan yang sangat baik.
Setelah kita membahas Perbedaan Mesin Cetak Digital dan Cetak Offset.

Sebagaimana diketahui, masalah harga adalah salah satu hal yang paling penting dalam dunia percetakan. Bagi konsumen, harga menjadi pertimbangan sebelum menggunakan servis percetakan tersebut. Lantas, bagaimana cara yang mudah guna menghitung biaya cetak offset dan cetak digital tersebut? Simak beberapa penjelasan di bawah ini.


menentukan harga cetak offset atau cetak digital dengan Biaya Cetak Offset

Cetak offset adalah salah satu jenis teknologi percetakan terbaik yang ada saat ini. Ide percetakan ini sangat membantu terutama bagi Anda yang perlu melakukan pencetakan dokumen, brosur dan lainnya terutama dalam jumlah yang besar. Dengan menggunakan teknologi ini, Anda bisa saja mencetak 1000 buah brosur dalam waktu yang singkat.

Tidak hanya singkat, secara umum biaya yang dibutuhkan untuk mencetak ribuan brosur dan dokumen lainnya tersebut lebih murah jika dibandingkan dengan teknologi percetakan lain. Tentu, ada beberapa faktor yang berpengaruh secara signifikan dalam penentuan cara mudah menentukan harga cetak offset atau digital tersebut.

Khusus untuk cetak offset, untuk bisa menghitung biaya percetakan yang diperlukan, Anda harus memperhatikan beberapa hal tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya percetakan adalah jenis kertas yang, ukuran kertas cetak, banyaknya lembar yang dicetak dan jenis mesin cetak yang akan digunakan.

Semakin besar dan banyak lembar yang hendak dicetak, tentu biaya yang diperlukan akan semakin besar pula. Sebagai contoh, oplah dari brosur yang akan dicetak adalah sekitar Rp. 2.000 per lembar dengan ukuran A4, bahan art paper, warna lengkap dan finishing lipat.

Untuk cara mudah menentukan harga cetak offset atau digital, khusus untuk cetak offset, Anda bisa menggunakan kalkulator cetak. Aplikasi ini akan membantu menghitung biaya percetakan dengan sangat mudah. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play secara gratis untuk smartphone platform Android.


menentukan harga cetak offset atau cetak digital dengan menghitungnya

Jika cetak offset digunakan untuk keperluan mencetak dalam jumlah yang banyak, maka cetak digital berlaku sebaliknya. Ya, teknologi cetak ini akan memudahkan Anda untuk mencetak barang meskipun hanya satu buah saja. Secara matematis, tentu hal ini sangat menguntungkan, terutama bagi konsumen yang ingin memiliki barang cetakan yang eksklusif.

Lantas, bagaimana cara mudah menentukan harga cetaknya tersebut? Tentu, untuk cetak digital, ada beberapa hal yang berpengaruh terkait biaya cetak yang diperlukan. Biaya cetak digital dipengaruhi beberapa hal seperti ukuran cetakan, kerumitan desain, banyak pcs yang dibuat dan lama pesanan.

Nah, dalam hal ini, perlu diketahui bahwa mesin digital hanya bisa mencetak desain dengan ukuran maksimal hanya A3 saja. Selain itu, meskipun bisa digunakan untuk mencetak secara full block, hasil cetakan full block cetak digital tidak sebagus jika menggunakan mesin offset.

Untuk contoh perhitungan, biaya percetakan yang diperlukan untuk mencetak desain kaus sebanyak 1 buah adalah sekitar Rp 20.000 dengan detail ukuran gambar A3, warna lengkap dengan lama waktu percetakan 2 hari saja.

Demikian beberapa hal terkait cara mudah menentukan harga cetak offset atau cetak digital. Namun, perlu diketahui bahwa biaya percetakan di tempat yang berbeda bisa saja berbeda. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan biaya produksi yang dipengaruhi oleh sewa tempat atau lainnya. Semoga bermanfaat.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *