Menyimak Perbedaan Mesin Cetak Digital dan Offset yang Sering Ditanyakan

Beberapa kalangan cukup sering menanyakan adakah perbedaan mesin cetak digital dan offset sebelum mereka memilihnya. Perkembangan teknologi dunia percetakan semakin lama semakin berkembang pesat. Dewasa ini sudah hadir mesin cetak digital dan mesin cetak offset yang memberikan kemudahan dalam mencetak beragam jenis dokumen dan media.

Tentu, diantara kedua jenis mesin tersebut ada beberapa perbedaan mendasar. Meskipun demikian, secara umum, kedua mesin cetak tersebut memiliki fungsi yang sama. Nah, lantas apa perbedaan mendasar dari kedua mesin tersebut dan apa keunggulan masing-masing? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

perbedaan mesin cetak digital dan offset pada Media yang Berbeda

Salah satu perbedaan yang paling mendasar adalah jenis media percetakan yang digunakan. Nah, dalam hal ini, mesin cetak offset menggunakan media film dan pelat sebagai media transfer cetakan dari komputer menuju ke mesin cetak.

Selain penggunaan film dan pelat tersebut, pada mesin cetak offset digunakan sistem pembagian warna CMYK yang nanti akan dibagi pada 4 pelat yang berbeda. Dengan pembagian ini, mesin bisa digunakan untuk mencetak dokumen atau media lainnya dengan kecepatan tinggi dan jumlah yang banyak.

Lantas, bagaimana dengan mesin cetak digital? Berbeda dengan mesin cetak offset, mesin cetak digital tidak memerlukan media seperti film atau pelat untuk transfer cetakan. Mesin ini hanya memerlukan komputer saja sebagai media transfer yang akan langsung terhubung dengan mesin. Biasanya, mesin ini menggunakan tinta toner untuk sumber warna.

perbedaan mesin cetak digital dan offset pada Ukuran dan Jumlah Cetakan

Perbedaan lainnya yang kasat mata adalah ukuran mesin dan kemampuan mesin untuk melakukan cetakan. Dalam hal ini, untuk ukuran mesin, maka mesin cetak offset memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan mesin cetak digital.

Mesin cetak offset juga dibagi menjadi tiga variasi, yakni cetak offset kecil, sedang dan besar. Variasi mesin cetak offset yang besar bisa digunakan untuk mencetak dokumen atau lainnya dengan maksimal ukuran media A0. Dibandingkan dengan mesin cetak digital, mesin ini hanya mampu mencetak pada ukuran maksimal A3 saja.

Lalu, bagaimana dengan kemampuan mencetak dari kedua mesin? Dalam hal ini, mesin cetak offset mampu mencetak media dengan jumlah ribuan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, untuk kebutuhan mencetak brosur, undangan, pamphlet dan lainnya, mesin cetak offset menjadi pilihan yang lebih cepat dan tepat.

Sedangkan mesin cetak digital, mesin ini tidak bisa digunakan untuk mencetak ribuan media. Sebaliknya, biasanya mesin cetak digital digunakan untuk mencetak media dengan jumlah yang minim, seperti satuan. Bagi seseorang yang ingin membuat kaus satuan, maka biasanya mesin cetak digital adalah opsi paling baik untuk digunakan.

Nah, poin perbedaan mesin digital dan offset ini bisa menjadi informasi mengenai fungsi utama dari tiap-tiap mesin. Tentu, dengan perbedaan fungsi tersebut, Anda bisa memilah mana mesin yang cocok yang akan digunakan untuk keperluan percetakan Anda.

Perbedaan pada Hasil Cetakan

Secara umum, hasil cetakan yang diberikan oleh kedua jenis mesin ini sama baiknya. Keduanya memberikan hasil cetakan yang tajam dengan warna yang tidak mudah pudar. Namun, untuk cetakan dengan model full block, maka mesin cetak offset memberikan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan mesin cetak digital.

Nah, demikian beberapa penjelasan mengenai perbedaan mesin cetak digital dan offset. Mana mesin cetak terbaik yang akan Anda pilih nantinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *